Verba Volant Scripta Manent

Berawal dari blog walking ke sana ke mari di kala senggang, aku menemukan suatu kalimat yang kurasa cocok sebagai slogan baru jurnalku dan juga sebagai penyemangat diri untuk terus menulis. Verba Volant Scripta Manent. "Kata yang terucap akan lenyap begitu saja, namun kata yang tertulis akan tetap ada." Mungkin kali ini aku akan sedikit bercerita mengenai passion-ku di bidang kepenulisan, mengingat sudah lebih dari lima tahun aku melewati masa serunya menulis. Paling tidak, sekarang aku ingin menyegarkan kembali semangat yang pernah muncul saat pertama kali aku tertarik dengan dunia kepenulisan.

Sebenarnya apa tujuanku untuk menulis? Apa ingin memperoleh ketenaran? Apa untuk meraup uang? Apa untuk mengisi waktu luang? Bukan, bukan. Aku ingin menulis karena ingin ikut berbagi ilmu dan pengalaman dalam perspektif untuk memaknai tanda-tanda dalam kehidupan ini. Awalnya aku suka sekali membaca tulisan-tulisan di blog banyak orang, entah itu berisi inspirasi atau sekedar cerita lucu mereka. Terkadang pula isi blog itu ada yang berupa tutorial ataupun informasi mengenai layanan umum. Yang jelas, tak terhitung sudah aku mengambil manfaat dari catatan-catatan orang lain itu dalam kehidupan sehari-hari ini. Lantas, aku jadi berpikir, bukankah dengan cara-cara sederhana seperti menulis blog ini bisa menunjukkan bahwa keberadaan tulisan kita itu bermanfaat bagi orang lain. Untuk itu segera saja aku mencoba untuk menulis.

Keinginan boleh jadi menggebu-gebu, tetapi realisasi kadang tak selalu sesuai dengan harapan kita. Dulu aku beranggapan akan keren jika blog ini terisi banyak tulisan, sehingga bayanganku di awal adalah kejar target sebulan ada beberapa tulisan. Ternyata mustahil kecuali jika aku punya banyak waktu dan memang kerjaanku memang menulis. Jadi, untuk sekarang aku tidak terlalu berambisi untuk mengejar target menulis. Aku akan mengisi blog ini dengan tulisan-tulisan sesuai dengan apa yang aku pikirkan, apa yang aku rasakan, apa yang aku alami, dan apa yang akan aku bagikan kepada khalayak. Tidak perlu terlalu terburu-buru, tetapi juga tidak diam seribu bahasa. Aku masih ingin terus menulis sepertihalnya aku ingin terus menjaga semangat belajarku hingga akhir hayat nanti.

Ide pokok dari tulisan-tulisanku sebenarnya sederhana, aku ingin agar hal-hal yang menurutku penting dapat tersampaikan melalui tulisanku. Dan semoga ada beberapa keping mozaik dalam tulisanku ini yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Paling tidak dalam menambah cakrawala berpikir kita dalam kehidupan ini. Semakin banyak yang dapat mengambil manfaat darinya semakin bagus.

Semoga aku tetap menulis sepertihalnya aku tetap belajar
Semoga aku tetap menulis sepertihalnya aku tetap berkelana
Wabillahi taufiq wal hidayah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Lintas Jalur ITS

Jujitsu is My Way

Teknologi Internet : Perkembangan Web 2.0